Pendekatan Positif Terhadap Pertanyaan-Pertanyaan yang Sulit

Sebagai Konsultan Karier, saya bekerja dengan klien tentang semua alat dan teknik yang diperlukan untuk berhasil dalam pencarian pekerjaan – termasuk keterampilan wawancara. Artikel ini dipersembahkan oleh pusatparfumcinta.com yang merupakan distributor resmi yang jual parfum cinta dengan harga terbaik dan berkualitas.

Satu hal yang saya perhatikan selama bertahun-tahun adalah bahwa calon sering “terjebak” dalam pertanyaan wawancara tertentu yang dirancang untuk membuat mereka mengatakan sesuatu yang negatif atau merugikan diri sendiri (yang umumnya mengarah pada penolakan).

Hasil gambar untuk bekerja di luar negeriMemang, pencari kerja bahkan tidak menyadari betapa negatifnya banyak jawaban mereka di wawancara! Jadi, saya menginstruksikan semua klien saya untuk “tidak pernah mengatakan sesuatu yang negatif, atau apa pun yang dapat ditafsirkan sebagai negatif!” Calon dapat menghindari didiskualifikasi dengan menyatakan semua jawaban mereka dalam hal positif (atau, setidaknya, netral).

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan wawancara yang paling sering ditanyakan, bersama dengan pendekatan yang disarankan untuk jawaban. Penting bahwa calon kerja mempraktekkan respons-respons ini sampai mereka mampu menangani semua pertanyaan secara efektif.

Kenapa kamu ingin bekerja di sini? Bagaimana Anda bisa membantu perusahaan kami? Mengapa kami harus tertarik padamu?
Jawaban selalu berdasarkan pada informasi yang Anda teliti sebelumnya tentang perusahaan dan kebutuhan mereka.

Jika Anda memilih seseorang untuk pekerjaan ini, orang macam apa yang akan Anda pilih?
Jawabannya adalah secara umum menyatakan kualifikasi umum Anda sendiri, tanpa terlalu “jelas.” Tinggalkan rinciannya.

Jika Anda bisa memiliki pekerjaan yang mana yang Anda inginkan di perusahaan ini?
Jawaban berkaitan dengan deskripsi pekerjaan yang paling umum – BUKAN TITLEK KHUSUS.

Apa kelemahan yang Anda miliki untuk pekerjaan ini?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif! Jawabannya adalah merenung sejenak dan kemudian menyatakan bahwa Anda tidak dapat memikirkan setiap kelemahan yang akan membahayakan kinerja Anda di pekerjaan ini; atau berdampak negatif terhadap kinerja Anda dari tanggung jawab pekerjaan.

Apa yang Anda harapkan dari pekerjaan yang belum Anda dapatkan di pekerjaan saat ini / sebelumnya?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Jangan mengatakan sesuatu yang negatif. Nyatakan bahwa pekerjaan Anda saat ini / sebelumnya telah memenuhi atau melampaui harapan Anda. Dengan posisi baru Anda berharap memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan memberikan kontribusi yang lebih besar.

Apa yang Anda lihat sebagai masa depan Anda di sini?
Saya berharap dapat berkontribusi di tingkat yang lebih tinggi dan meningkatkan tanggung jawab dari waktu ke waktu.

Apakah Anda mempertimbangkan posisi lain saat ini?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Cukup katakan “ya.”

Bagaimana perbandingan peluang ini?
Dari apa yang saya dengar sejauh ini, sangat baik … dan saya ingin mempelajari lebih lanjut.

Apa perusahaan / peluang lain yang Anda lihat saat ini?
Karena saya yakin Anda dapat menghargai, saya tidak berhak mengatakan karena saya masih berdiskusi dengan perusahaan-perusahaan ini. Saya harus melindungi privasi mereka, seperti yang saya lakukan untuk perusahaan Anda dalam situasi yang sama.

Apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda?
Jangka pendek: Untuk mengamankan posisi baru yang sesuai di mana saya dapat menerapkan keterampilan dan pengalaman saya untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan.
Jangkauan panjang: Asumsikan lebih banyak tanggung jawab dan berikan kontribusi lebih besar dari waktu ke waktu untuk majikan saya.

Apa yang memotivasimu?
Fokuskan jawaban pada nilai-nilai inti Anda, dan juga pada nilai-nilai dan prioritas perusahaan yang Anda wawancarai (yang harus Anda identifikasi melalui riset pendahuluan Anda).

Apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan diri selama setahun terakhir?
Bicarakan tentang pengembangan profesional, program pelatihan, kurikulum pendidikan, belajar di bidang Anda, pelatihan di tempat kerja, pembinaan keterampilan, buku-buku yang relevan yang Anda baca, dll.

Bagaimana Anda menghabiskan waktu luang Anda?
Katakan sesuatu yang tidak ofensif, apolitis, dan tidak berbahaya. (Membaca, olahraga, perjalanan, proyek rumah, berkebun, kegiatan keluarga, proyek rumah, dll.)

Ceritakan tentang kesehatanmu.
Kesehatan saya sangat baik.

Jika Anda dapat menghidupkan kembali 15 tahun terakhir Anda, perubahan apa yang akan Anda lakukan?
Tidak ada yang sempurna, tetapi secara keseluruhan saya akan mengatakan bahwa saya cukup puas dengan cara hidup dan karir saya berkembang – jadi saya tidak akan membuat perubahan signifikan.

Ceritakan tentang pencapaian / kekecewaan terbesar Anda dalam hidup Anda.
Berikan satu contoh pribadi (seperti bertemu dengan pasangan Anda dan menikah; letakkan diri Anda melalui kuliah dan lulus sekolah; atau menabung untuk membeli rumah pertama Anda, dll.). Kemudian berikan kisah pencapaian profesional terbaik Anda. Adapun kekecewaan, memberikan jawaban yang mirip dengan yang di atas, menyiratkan bahwa “secara keseluruhan, saya akan mengatakan bahwa saya cukup puas dengan cara hidup dan karir saya berkembang, jadi saya benar-benar tidak bisa memikirkan kekecewaan besar. . ”

Apa yang paling Anda sukai dari pekerjaan terakhir Anda?
PERTANYAAN PERMINTAAN.

Jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif! Jelaskan apa yang paling Anda sukai. Kemudian katakan bahwa sementara setiap pekerjaan memiliki tantangannya, Anda telah cukup beruntung untuk belajar dan tumbuh secara profesional di setiap posisi yang Anda miliki.

Di posisi terakhir Anda, berapa banyak pekerjaan yang Anda lakukan sendiri, dan seberapa banyak bagian dari tim? Anda lebih menikmati yang mana?
Bicara dalam hal fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi Anda – kemampuan Anda untuk bekerja dalam mode apa pun tampaknya sesuai dengan situasi. Perjelas bahwa Anda sama efektifnya dalam tim atau bekerja secara independen, seperti yang dituntut setiap kasus. Anda menikmati keduanya; ini lebih tentang apa yang akan bekerja paling baik untuk proyek dan perusahaan pada waktu itu.

Apa saja masalah yang lebih sulit yang Anda temui dalam pekerjaan Anda di masa lalu? Bagaimana Anda menyelesaikannya?
Ceritakan dua atau lebih cerita pencapaian yang telah disiapkan sebelumnya. Keep it POSITIF!

Apakah Anda pernah memberikan saran kepada manajemen senior? Apa yang terjadi?
Katakan “ya.” Ceritakan beberapa kisah dan hasil pencapaian, di mana Anda secara positif memengaruhi manajemen senior.

Pada pekerjaan Anda sebelumnya, menurut Anda apa yang dapat dilakukan manajemen untuk membuat Anda berfungsi lebih efektif sebagai karyawan?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif! Katakan bahwa majikan sangat baik dalam menyediakan sumber daya dan dukungan untuk posisi Anda, dan bahwa Anda tidak memiliki keluhan tentang hal ini.

Apa yang membuat Anda terus maju lebih cepat dan lebih jauh dalam karier Anda?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif! Negara: “Saya tidak tahu apa yang dapat memberi Anda kesan bahwa saya tidak puas dengan kemajuan dan laju karier saya. Saya cukup puas dengan di mana karir saya berada di titik ini dalam hidup saya. Namun, saya siap untuk menghadapi tantangan yang lebih besar. ”

Apa lagi yang harus kami ketahui tentang Anda?
Sampaikan satu atau dua lagi kisah pencapaian terbaik Anda. Anda juga dapat mengulang seberapa cocok Anda berpikir Anda untuk kesempatan, dan seberapa tertarik Anda dalam pekerjaan itu.

Ceritakan tentang bos terbaik / terburuk yang pernah Anda miliki.
PERTANYAAN PERMINTAAN: Jangan pernah menyatakan sesuatu yang negatif! Katakanlah bahwa meskipun setiap bos berbeda, Anda telah bekerja secara produktif dengan, dan belajar sesuatu dari, masing-masing. (Bersiaplah untuk memberikan beberapa contoh dari apa yang telah Anda pelajari.)

Semua orang suka mengkritik. Apa yang dikritik orang tentang Anda?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif! Katakan bahwa Anda tidak dapat memikirkan kritik apa pun yang telah Anda terima dari rekan kerja di tempat kerja. Tentu saja, ada bidang-bidang untuk pengembangan – seperti ketika supervisor Anda akan memberi Anda “ulasan karyawan,” dan mereka mungkin telah membuat saran untuk perbaikan. Nyatakan bahwa Anda selalu menerima saran semacam ini dengan serius dan telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan perbaikan yang diminta, dan ini telah membuat Anda lebih kuat sebagai seorang profesional. (Sebutkan setidaknya satu contoh).

Setiap orang punya peeves peliharaan. Apa milikmu?
PERTANYAAN PERMINTAAN. Jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif! Ubah pertanyaan ini, dengan berbicara tentang standar profesional Anda yang tinggi. Satu-satunya “pet kesayangan” Anda adalah dengan diri Anda sendiri – mendorong diri Anda dengan keras dan tidak menerima biasa-biasa saja, misalnya – atau bagaimana Anda selalu berusaha untuk mencapai potensi penuh Anda di tempat kerja, dll.

Apa gaya kepemimpinan Anda?
Bicara dalam hal fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi Anda – kemampuan Anda untuk memimpin dalam mode apa pun tampaknya sesuai dengan situasi. Jelaskan bahwa itu lebih tentang pendekatan apa yang paling sesuai untuk proyek dan perusahaan pada saat itu. Berikan satu atau dua contoh, mendemonstrasikan gaya kepemimpinan yang berbeda, menggunakan cerita pencapaian Anda.

Apakah Anda secara geografis seluler? (atau) Apakah Anda bersedia untuk menghabiskan banyak waktu ekstra?
Mintalah klarifikasi – apa sebenarnya arti pewawancara?

Kemudian, menurut jawaban mereka, katakanlah, “itu tidak masalah sama sekali,” atau beri tahu mereka “Anda ingin memikirkannya dan menghubungi mereka dalam waktu 24 jam.”

Anda tidak memiliki pengalaman / latar belakang untuk posisi ini. Bagaimana Anda bisa mengatasinya?
Katakan Anda bingung dengan komentar mereka, bahwa Anda cukup yakin bahwa Anda memiliki pengalaman dan latar belakang untuk posisi ini, dan bahwa Anda sangat cocok untuk tanggung jawabnya. Tanyakan apa yang secara khusus mempedulikan mereka tentang latar belakang Anda; apa yang hilang dalam pengalaman Anda? (Kadang-kadang pewawancara hanya menguji Anda.) Rancang kembali kualifikasi Anda sesuai kebutuhan, ikat kisah pencapaian Anda dengan persyaratan pemberi kerja.

Anda berkualifikasi berlebihan untuk posisi ini, bukan? (bahkan jika Anda sedikit overqualified)
Negara: Tidak – Saya melihat banyak tantangan dalam peluang ini, dan saya yakin bahwa saya akan menemukan pekerjaan itu sangat menarik. Berikan beberapa contoh dari apa yang Anda maksud, dan bicaralah tentang dimensi baru pengalaman dan keterampilan yang akan Anda bawa ke posisi, hampir seolah-olah Anda akan memperluas tingkat kontribusi dalam pekerjaan ini, sehingga membuatnya lebih daripada sekarang.

Kami memiliki semua informasi yang kami butuhkan. Kami akan menghubungi Anda.
Ambil inisiatif. Ajukan pertanyaan seperti: “Di mana saya berdiri? Apakah saya dianggap sebagai kandidat kuat? Kapan saya harus berharap untuk mendengar dari Anda, atau apakah Anda lebih suka saya menghubungi Anda dalam satu atau dua hari? Apa kerangka waktu Anda untuk membuat keputusan akhir? Apakah ada hal lain yang dapat saya berikan untuk memfasilitasi proses? ”, Dll. Kemudian nyatakan kembali ketertarikan Anda yang kuat pada posisi dan keyakinan Anda bahwa latar belakang Anda adalah pasangan ideal untuk pekerjaan itu.

Sebagai kesimpulan, saya sangat menyarankan Anda untuk mempersiapkan wawancara Anda dengan mempelajari dan mempraktekkan jawaban-jawaban ini. Dapatkan seseorang untuk membantu Anda, dengan melakukan “permainan peran,” di mana teman Anda dapat menjadi pewawancara dan Anda dapat memainkan bagian dari kandidat pekerjaan. Anda akan mengurangi kecemasan Anda, meningkatkan rasa percaya diri Anda dan melakukan jauh lebih baik jika Anda “tahu garis Anda” di muka! Dan ingat – jangan pernah mengatakan sesuatu yang negatif dalam wawancara kerja!

About